hastu damarseto/14109699
4ka15
Supply Chain Management
Pengertian supply adalah sejumlah material yang disimpan dan dirawat menurut aturan tertentu dalam tempat persediaan agar selalu dalam keadaan siap pakai dan ditatausahakan dalam buku perusahaan. Pengertian supply chain adalah sebuah proses bisnis dan informasi yang berulang yang menyediakan produk atau layanan dari pemasok melalui proses pembuatan dan pendistribusian kepada konsumen. Sedangkan menurut Indrajit dan Djokopranoto supply chain adalah suatu tempat sistem organisasi menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada para pelanggannya. Rantai ini juga merupakan jaringan dari berbagai organisasi yang saling berhubungan dan mempunyai tujuan yang sama, yaitu sebaik mungkin menyelenggarakan pengadaan atau penyalur barang tersebut. Pengertian Manajemen adalah teknik atau seni untuk mengarahkan dan menggerakkan orang lain dalam rangka mencapai tujuan.
Studi Kasus SCM
Biskuit Kaleng
Dalam kasus biskuit
kaleng yang dipasarkan secara lokal maupun internasional, maka pertama-tama
kita harus menentukan partnership sebagai pemasok untuk produksi biskuit kaleng
tersebut. Ada banyak pihak yang harus kita gandeng dalam hal ini. Untuk
melakukan Produksi kita membutuhkan:
· Perusahaan yang membuat tepung terigu sebagai
bahan utama pembuatan biskuit
· Penghasil telur sebagai bahan tambahan
pembuatan biskuit
· Penghasil garam sebagai bahan tambahan
pembuatan biskuit
· Perusahaan pembuat gula halus sebagai bahan
tambahan pembuatan biskuit
· Perusahaan perisa makanan sebagai bahan
tambahan pembuatan biskuit
· Penghasil alumunium yang akan digunakan
sebagai kaleng biskuit
Selain itu dalam melakukan produksi, kita membutuhkan pabrik
yang berguna untuk melakukan produksi biskuit itu sendiri. Setelah biskuit jadi
dan telah dikemas, kita membutuhkan alat distribusi yang berguna untuk
mendistribusikan produk biskuit kita, oleh karena itu kita harus menjalin
kerjasama dengan perusahaan mobil untuk mendatangkan mobil box/ truk/ trailer
yang berguna untuk mengantarkan produk ke supermarket. Untuk luar negri, kita
harus menjalin kerjasama dengan pihak bea cukai, dan angkutan pengantaran
barang antar negara seperti perusahaan maskapai pesawat atau kapal laut.
Pertanyaan
1. Where do you source your material? Bahan
mentah yang didapat dari pemasok tepung terigu, pemasok telur, pemasok garam,
pemasok gula, pemasok perisa makanan, serta penghasil alumunium
2. Where do you process or convert them? Di dalam pabrik biskuit
itu sendiri
3. How do you build strong relationship with your suppliers or
consumer? Dengan cara menjaga kepercayaan pelanggan dan supplier, kemudian
mementingkan kualitas yang terbaik
4. How do you get direct information from yours end-consumers?
Dengan cara mengumpulkan data penjualan dari supermarket tempat menjual produk,
dengan survey lapangan
5. What logistic structure should you impose? Cepat, tepat waktu
dan menjaga kualitas barang
6. How do you coordinate your information flows
and system globally? Dengan cara melakukan analisis satu persatu bagian sistem
secara rinci elemen-elemen dan bekerjasama dengan orang yang mengerti “medan”
dari pangsa pasar.
7. How do you set up incentive systems for all of
your partners in supply chain to optimize overall performance? Menetapkan
standart produksi yang beradaptasi dengan keadaan pasar
jangan mentah2 di copy-paste :)
BalasHapus