APA SAJA lobeh

Saya membuat blog karena faktor ketidak sengajaan, jadi apabila ada kesamaan dengan blog anda bacaan atau yang lain itu karena di sengaja, hahahahaahahaha, SPEAK AH

Rabu, 16 Januari 2013

API (Aplikasi Programing Interface )

API (Aplikasi Programing Interface ) adalah serangkaian intruksi dan standar pemograman untuk mengakses aplikasi atau layanan berbasis web. Sebuah perusahaan software atau penyedia layanan berbasis web merilis API mereka kepada publik. Dengannya, pengembangan lain dapat mendesain aplikasi yang memanfaatkan layanan mereka.

Sebagai contoh, Amazon.com merilis API sehingga para pengembang web dapat lebih mudah mengakses informasi produk-produk Amazon dari website mereka. Menggunakan API dari Amazon, website pihak ketiga dapat mem-posting link langsung ke produk-produk Amazon dengan harga aktual dan opsi "buy now".

API adalah software-to-software interface, bukan user interface. Dengan API, aplikasi-aplikasi saling berkomunikasi tanpa ada intervensi dari pengguna. Ketika Anda memasukan nomor kartu kredit untuk berbelanja, toko online tersebut akan menggunakan API untuk mengirimkan informasi kartu kredit kepada aplikasi perusahaan lain yang memverifikasi kartu kredit.

Bila aplikasi verifikasi kartu kredit menyatakan bahwa informasi yang anda masukan benar, aplikasi tersebut akan mengirmkan respons kembali ke toko online tempat anda berbelanja, dan menyatakan proses pembayaran bisa dilakukan. Proses komunikasi antara aplikasi toko online dengan aplikasi verifikasi kartu kredit sepenuhnya dilakukan tanpa campuran tangan manusia. 

Anda hanya melihat satu interface toko online. Tetapi dibelkang layar, terdapat aplikasi yang bekerjasama menggunakan API. Jenis integrasi ini dikenal dengan istilah seamles, karena pengguna tidak tahu ketika informasi yang dimasukannya dialihkan dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

API serupa dengan konsep Software as a Service (SaaS), karena pengembang aplikasi tidak perlu memulai segala sesuatu dari kertas kosong (from scratch) setiap kali meraka menulis sebuah program. Alih-alih membangun aplikasi inti yang menangani semua pekerjaan ( seperti e-mail, blling, tracking, dll) sendiri, pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat diserahkan kepada penyedia layanan atau perusahaan software lain.

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill seperti

    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id
    - www.baak.gunadarma.ac.id

    untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    BalasHapus